PERBEDAAN MODEL PENDEKATAN METODE TEKNIK DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Sebagai guru tentu kita perlu memahami tentnag konsep-konsep yang sering digunakan dalam pembelajaran. Beberapa konsep sekilas sama dan bahkan susah untuk membedakannya. Konsep-konsep tersebut antara lain; Model Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Teknik Pembelajaran, dan STrategi Pembelajaran. Pada artikel ini akan dijelaskan perbedaan antara model, pendekatan, metode, teknik, dan strategi pembelajaran terletak pada tingkat generalitas dan spesifikasinya dalam proses pendidikan berdasarkan sumber-sumber tepercaya. Berikut penjelasan masing-masing:

1. Model Pembelajaran

  Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang digunakan untuk mengarahkan dan membentuk keseluruhan proses pembelajaran. Model ini mencakup filosofi, teori, dan pendekatan tertentu yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan secara keseluruhan. Contoh model pembelajaran termasuk Inquiry-Based Learning, Problem-Based Learning, dan Direct Instruction.  

   Sumber: Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Pearson.

2. Pendekatan Pembelajaran 

   Pendekatan pembelajaran adalah perspektif atau filosofi umum yang diambil oleh pendidik terkait bagaimana pembelajaran seharusnya dilakukan. Pendekatan ini bisa lebih filosofis seperti behaviorisme atau konstruktivisme. Pendekatan ini berperan sebagai landasan teori yang mempengaruhi pemilihan metode dan teknik pembelajaran.  

   Sumber: Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. Longman.

3. Metode Pembelajaran 

   Metode pembelajaran adalah cara-cara sistematis yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Metode bisa termasuk lecturing,discussion-based learning, atau role-playing. Metode ini lebih spesifik dibandingkan dengan pendekatan, tetapi tetap bersifat umum dan dapat mencakup berbagai teknik yang lebih spesifik.  

   Sumber: Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

4. Teknik Pembelajaran

   Teknik pembelajaran adalah cara spesifik yang digunakan oleh pengajar dalam melaksanakan metode. Teknik biasanya lebih rinci dan terfokus, seperti cara seorang guru memberikan umpan balik, mengelola diskusi, atau menerapkan pembelajaran kelompok kecil. Teknik merupakan aspek praktis dari metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam pembelajaran.  

   Sumber: Larsen-Freeman, D. (2000). Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford University Press.

5. Strategi Pembelajaran 

   Strategi pembelajaran adalah rencana tindakan yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi ini melibatkan pemilihan metode, teknik, dan kegiatan yang paling efektif untuk mencapai hasil belajar tertentu. Contohnya adalah strategi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis atau pemecahan masalah.  

   Sumber: O’Neill, G., & McMahon, T. (2005). Student-Centred Learning: What does it mean for students and lecturers?

Secara ringkas, model dan pendekatan lebih bersifat konseptual, sementara metode, teknik, dan strategi semakin spesifik dan aplikatif dalam proses pembelajaran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *